Jati Kumbokarno dikenalkan oleh Mulia Tata Jati yang memiliki konsentrasi mendorong dan mengedukasi masyarakat untuk mengambil nilai ekonomi dari pohon Jati. Mulia Tata Jati telah mengembangkan kebun pembibitan Jati Kumbokarno yang terpusat di Pracimantoro Wonogiri.Jati Kumbokarno adalah representasi dari tanaman jati unggul dari indukan Jati JPP. Indukan ini merupakan hasil riset bertahun-tahun melalui seleksi genetik  pohon-pohon Jati di seluruh Indonesia. Riset dipelopori oleh Prof. Muhammad Na’iem dari UGM dan difasilitasi oleh Perhutani. Nah biar lebih keren dan mudah melekat dalam hati masyarakart maka nama Kumbokarno lebih tepat untuknya. Karena Jati Kumbokarno ini tumbuh cepat bak raksasa, batang bulat lurus, miskin cabang lagi.

Tentu Anda perlu tahu raksasa Kumbokarno dalam dunia cerita pewayangan?. Adik dari Rahwana ini adalah raksasa besar tetapi berhati mulia. Dalam suatu cerita karena salah dalam meminta sesuatu maka Kumbokarno ini menjadi punya kebiasaan bangun enam bulan dan tidar enam bulan. Persis sama karakter kayu jati yakni masa pertumbuhan yang lebih cepat dimusim penghujan (enam bulan) dan masa kemarau yang lebih lambat ( cenderung dorman), terbentuklah pola lingkar tahun seperti yang kita lihat dari penampang kayu jati. Karena sifatnya yang pertumbuhannya super cepat dan punya tempat dihati masayarakat maka Jati ini pun bergelar Jati Kumbokarno.

Sebagian dari Anda mungkin asing dengan tanaman Jati. Tetapi saya kira tidak akan asing terhadap produk berbasis kayu jati mulai dari kusen pintu, kusen jendela, jendela kayu jati, pintu kayu jati, ukiran dari kayu jati, meja makan kayu jati, kursi tamu kayu jati dan aneka mebeler dari kayu jati. Kayu Jati telah menjadi bahan utama pembuatan aneka mebeler dan perabotan rumah tangga untuk produk high class.

Sesuai namanya Jati Kumbokarno adalah jati unggul yang memiliki sifat pertumbuhan cepat. Bukan hanya pertumbuhannya yang cepat saja yang membuat Jati Kumbokarno ini layak di budidayakan. Pertumbuhan batang yang bulat lurus dan sifat pertumbuhannya yang miskin cabang, membuat Jati Kumbokarno dapat tumbuh menjulang tinggi. Sehingga ketinggian kayu hasil produksi dapat di setting sesuai kebutuhan.

Jati Kumbokarno dapat tumbuh dengan baik di lahan apa saja, baik lahan subur maupun lahan marjinal. Dari dataran rendah sampai ketinggian kurang dari 1000 meter. Dari lahan berkapur (lebih baik) sampai lahan tidak berkapur. Jati Kumbokarno dapat ditanam dengan sistem tanam tumpang sari, monokultur maupun campuran.

Sistem tumpang sari cocok untuk diterapkan di area pertanian atau ladang dimana pohon Jati Kumbokarno dapat tumbuh dengan baik sementara area bawahnya tetap dapat digunakan untuk pertanian. Sistem Caampuran dapat diterapkan pada lahan yang hendak ditanami aneka macam kayu atau lahan yang sebelumnya sudah ada beberapa tanaman kayu selain Jati Kumbokarno. Sistem monokultur diterapkan jika Anda hendak mengoptimalkan lahan dengan hanya khusus Jati Kumbokarno. Dalam sistem monokultur jumlah tegakan Jati Kumbokarno akan lebih banyak. Sistem penanaman dapat dilakukan dengan jarak tanam 5 x 2,5 meter (dengan penjarangan pada usia 5 tahun), jarak 5 x 4-5 meter tanpa penjarangan.

Kumbokarno adalah nama Jati Unggul hasil perbanyakan vegetatif bibit jati unggul yang indukannya telah tersertifikasi standar kehutanan. Bibit Jati Kumbokarno denagn perbiakan vegetatif ini dihasilkan bibit indukan unggul yang telah tersertifikasi dan telah melalui serangkaian kegiatan pemuliaan pohon melalui beberapa tahapan dengan seleksi ketat atas seluruh varietas Jati yang tersebar di Indonesia. Jati Kumbokarno merupakan Jati unggul yang ditemukan atas jasa besar Prof. M. Na’iem dan Perhutani yang telah melakukan research bertahun-tahun dengan difasilitasi Perum Perhutani.

Tahapan penelitain yang panjang telah berhasil menyuguhkan kepada masyarakat sumber bibit jati unggul bernama Jati Kumbokarno. tahapan-tahapan ini diantaranya adalah melalui pembangunan uji klon dari materi genetik Jati hasil pembiakan vegetatif dari klon-klon pohon plus (pilihan) atau pohon induk yang berfenotip baik. Untuk selanjutnya dari proses yang panjang tersebut (tahapan panjang uji klon) dipilihlah materi genetik klon-klon terbaik dan dijadikan materi genetik Kebun Perbiakan Vegetatif. Pusat Kebun Perbiakan Vegetatif Jati unggul Kumbokarno Tata Jati di Wonogiri Jawa Tengah.

Standar Penanaman Jati Super Kumbokarno :

Kecocokan Tanah atau Lahan

Lahan pada ketinggian 0 – 700 mdpl. Jenis tanah lempung, kapur sangat rekomended, meskipun demikian pada tanah jenis lain juga tumbuh dengan baik. Tanah tempat tumbuh Jati yang baik adalah tanah sarang, mengandung Kalsium (Ca) dan Phosphor (P) yang cukup. Jati termasuk jenis tanaman calciolus artinya adalah jenis tanaman yang memerlukan unsur kalsium dalam jumlah relatif besar untuk tumbuh dan berkembang. Hasil analisis abu  kandungan Jati terdiri dari Calcium (CaCO3) 31,3%, Phosphorus (P) 29,7%, Silika (SiO2) 25%. Untuk tanah yang sangat kurus dapat dilakukan penambaham Phosphor (P). PH tanah yang cocok untuk Jati antara 6-8.

Pertumbuhan dan Potensi Kayu

Pertumbuhan varietas Jati Super Kumbokarno mencapai rerata kisaran 3-4 cm pertambahan diameter per tahun. Pada usia penjarangan (5 tahun) rata-rata diemeter panen penjarangan 15 cm efektif (pangkal bisa 20 cm atau lebih, tengah atau atas 13-15 cm) dan panjang kayu efektif 6 meter.  Pada usia 10 tahun mencapai diameter rata-rata pada kisaran minimal 30 cm efektif (pangkal bisa 35 atau lebih, tengah 25 cm atau lebih), dengan perolehan volume kayu diatas 0,5m3 per pohon. Jadi potensi kayu jati yang dihasilkan per ha dengan jarak tanam 5 x 5 meter minimum akan tercapai 0,7 m3 x 400 = 280 m3

Artikel Terkait Dengan Pencarian Anda:


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *